VPS or VPN

VPS atau VPN: Apa Bedanya?

VPS atau VPN

VPS atau VPN?

Terlepas dari kata “Virtual” dalam nama mereka dan fakta bahwa keduanya dijual sebagai layanan melalui web, tidak ada banyak kesamaan di antara keduanya. Banyak orang bingung VPS dan VPN tetapi mereka adalah dua solusi virtual yang sama sekali berbeda. Jadi mari kita lihat bagaimana mereka berbeda! VPS atau VPN?

Untuk menghindarinya: “Virtual” dalam konteks ini berarti Anda mengakses platform yang terasa dan terlihat seperti di komputer Anda sendiri tetapi sebenarnya berada di tempat lain di jaringan. Jadi, bahkan jika Anda logout atau layanan Anda turun, rutinitas yang Anda jalankan secara virtual akan tetap berjalan.

Apa itu VPS?

VPS (Virtual Private Server), pada dasarnya, adalah mesin virtual. Ini adalah server, host online, yang menjalankan sistem operasi khusus. Server dapat menginstal dan menjalankan segala jenis perangkat lunak, aplikasi, atau program seperti halnya komputer nyata, kecuali itu bukan komputer Anda.

Server pribadi virtual adalah gabungan dari server bersama dan server khusus. Seperti server bersama, VPS melayani beberapa klien sekaligus. Namun, itu membuat setiap klien terpisah, sambil menawarkan opsi kecepatan, privasi, dan penyesuaian dari server khusus.

VPS pada dasarnya adalah versi hosting server yang lebih modern dan canggih. Ini virtual karena secara digital membagi satu atau lebih server fisik. Ini bersifat pribadi karena hanya pengguna yang membelinya yang memiliki akses ke sana (tidak seperti server bersama). Ini adalah server karena melakukan tugas untuk jaringan perangkat. Oleh karena itu VPS.

Bagaimana cara kerja VPS?

VPS bekerja melalui proses yang disebut virtualisasi. Teknik ini menggunakan perangkat lunak “hypervisor” untuk membagi satu atau lebih server fisik menjadi beberapa komputer virtual.
Untuk VPS tradisional, ini berarti bahwa server fisik dibagi menjadi beberapa server virtual yang beroperasi secara independen, masing-masing dengan segmen prosesor, RAM, hard disk, dan sumber daya lain dari server fisik.
Unit komputasi individu yang dibuat oleh perangkat lunak hypervisor disebut “mesin virtual” atau VM.

Siapa yang butuh VPS?

VPS umumnya lebih cocok untuk bisnis, meskipun beberapa individu mungkin juga menggunakan VPS untuk menjalankan program tertentu. Bisnis membutuhkannya untuk menjalankan aplikasi yang sangat canggih, perangkat lunak yang kompleks, program pemrograman atau aplikasi lain yang lebih rumit, VPS adalah pilihan yang sangat baik untuk semua itu. Ini adalah server yang ekonomis, namun pribadi dan dapat diandalkan.

Apa itu VPN (jaringan pribadi virtual)?

Untuk melindungi informasi Anda dan memungkinkan Anda menjelajahi Internet secara lebih anonim, VPN merutekan data Anda melalui jaringan server mereka sendiri sebelum mencapai tujuan akhirnya. Dengan cara ini, tampaknya aktivitas Anda di Internet berasal dari server VPN, bukan dari jaringan Anda sendiri.

Selain itu, VPN menggunakan teknik yang disebut “tunneling” untuk melindungi informasi pribadi Anda dengan lebih baik. VPN mengirim data Anda secara terpisah dari internet lainnya, di “terowongan” virtual. VPN juga mengenkripsi permintaan dari server Anda, mengubah informasi Anda menjadi kode yang hanya dapat didekode ketika mencapai target yang tepat.

Bagaimana cara kerja VPN?

Saat Anda ingin mengakses halaman web, VPN kemudian akan mengisolasi informasi yang beredar antara komputer Anda dan servernya. Semua ini diamankan dan dienkripsi sehingga tidak ada yang tahu informasi apa yang beredar di dalamnya.

Saat keluar, server VPN kemudian akan berkomunikasi dengan server web. Untuk server web, data ini bersifat anonim, karena situs web tidak dapat mengetahui bahwa Andalah yang mencoba mengakses konten ini. Bagi mereka, server VPN-lah yang mengaksesnya secara langsung. Situs web bahkan tidak dapat mengetahui alamat IP Anda.

Di terowongan ini: semuanya dienkripsi dan karena itu Anda dilindungi dari serangan jahat yang mungkin menargetkan Anda.

Siapa yang butuh VPN?

VPN awalnya dikembangkan untuk perusahaan besar. Perusahaan mungkin memerlukan VPN untuk melindungi datanya dari pengintaian atau menyembunyikan alamat IP-nya.

Jadi kesimpulannya: VPS atau VPN?

VPN dan VPS beroperasi sangat berbeda satu sama lain dan melayani tujuan yang berbeda.
VPS paling berguna untuk bisnis karena menyediakan hosting server yang terjangkau dan kuat untuk mendukung aplikasi tingkat lanjut dan fitur serupa.
VPN hanya digunakan untuk satu hal, koneksi Internet terenkripsi yang aman, anonim, tidak dapat dilacak.

BERLANGGANAN VPS UK KAMI!

Posting VPS atau VPN: Apa Bedanya? muncul pertama kali di Bettingdev.

Author: Bradley Flores